;
Google
;

Rabu, 06 April 2011

PEMBIASAAN OTAK KIRI DAN OTAK KANAN

Terkadang siswa bertanya gimana sih belajar matematika yang kaya akan rumus - rumus, belum lagi rumus praktis. Rumus praktis apaan tuh????? Orang saya aja mikir rumus yang enggak praktis aja udah bingung apa lagi yang praktis, bisa botak kepala saya.
Itu pertanyaan sederhana yang sering saya dengar dan saya harus jawab.
Sebenarnya belajar matematika bukan kita harus "diwajibkan" hafal sekian banyak rumus sampai sekecil - kecilnya.
Sebagai seorang guru yang mengampu pelajar matematika, saya menasehatkan bahwa belajar matematika sebenarnya belajar bagaimana kita mengaplikasikan secara logis apa yang pernah kita pelajari sebagai pengalaman belajar pada hari - hari lalu atau pada jenjang pendidikan sebelumnya.
Maksudnya bagaimana??????
Cobalah selesaikan sebuah permasalahan atau soal matematika dari apa yang pernah siswa dapatkan, tapi caranya akan berbeda dengan cara guru saya, pak!!! Enggak masalah bukankah banyak sekali metode penyelesaian yang dapat digunakan dalam menyelesaikan soal, misalnya cara menentukan garis tinggi pada segitiga : siswa dapat menggunakan kesamaan luas segitiga dan dapat juga digunakan cara kesebangunan dalam segitiga. Itu hanyalah sebuah metode penyelesaian saja dan yang penting sebenarnya bagaimana pernyelesaian tersebut dapat dijelaskan secara logis yang artinya logika berpikir siswa akan semakin berkembang dengan banyaknya metode penyelesaian yang siswa temukan sendiri.
Dan ingat kunci belajar maatematika sebanarnya ada 3 macam
1. Titi artinya dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan haruslah teliti dalam artian siswa harus memperhatikan sisi alur berpikir yang logis dari setiap langkah.
2. Titen artinya siswa haruslah bisa menandai jika keluar soal seperti A maka penyelesaiannya A' dan jika keluar soal B maka penyelesaiannya B' dan seterusnya. Karena soal - soal dalam matematika secara umum itu memiliki kemiripan bentuk soal hanya masalah angka yang selalu berubah ubah.
3. Telaten artinya siswa harus sesering mungkin melakukan latihan penyelesaian soal
Terakhir penulis menyampaikan. SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

;